Cara Hemat Dan Cepat Menaikkan Tinta Printer Canon G1010 Yang Terlambat Isi Langsung Normal

Berawal dari membaca curhat seseorang disuatu group facebook, yang mana dia memiliki printer canon g2000 yang telat / terlambat / lupa isi tinta sampai tintanya habis. Setelah dia refill penuh dan sudah melakukan Deep cleaning melalui aplikasi bawaan driver printer. Akan tetapi hasil print / nozzle check tidak kunjung normal. Dia sampai beberapa kali melakukan ink flush ( deep cleaning full ) sampai tinta habis banyak dan hasil print tidak kunjung normal juga. Dia mengisi tabung infusnya memakai tinta ori canon yang harganya lumayan tinggi dan terbuang banyak akhirnya.
Dari situlah tutorial ini saya buat dengan dua versi, versi artikel website dan versi video di channel youtube saya. Untuk versi video channel youtube saya cantumkan link videonya di akhir artikel ini dan tentunya untuk versi video akan lebih jelas.

Ok .... kita mulai tutorialnya:

1. Printer Dalam Kondisi Mati / off.
 
2. Siapkan Tinta Suntikan Sesuai Warna Yang Kehabisan.
Ini nanti digunakan untuk mengisi catridge secara manual yang habis sampai bersih karena telat isi.

3. Sediakan / Siapkan Suntikan, Selang Dan Knee L Infus Printer
Untuk suntikan bisa anda beli di apotik, sedangkan selang saya menggunakan selang bekas ori pembuangan printer canon dan knee L bisa anda beli di toko printer atau bisa ambil bekas infusan printer canon.

4. Masukkan / Pasang Knee L ke Selang.
Masukkan ujung knee L yang kecil kedalam selang, dan selang di sambungkan ke suntikan.

5. Rumah Catridge Tarik Ketengah
Dalam konndisi printer mati / off, tarik rumah catridge ketengah dengan cara mendorong kuncian rumah catridgenya seperti dalam gambar. Setelah itu tarik pelan pelan.

6. Sedot Manual Tintanya.
Tutup tinta / cover dalam keadaan tertutup, sedot masing masing tintanya memakai alat yang sudah kita buat tadi, masukkan ujung knee L kedalam lubang tintanya. Lakukan kesemua tinta yang kehabisan dan jangan lepas dulu. Biarkan tetap tertancap..

7. Buka Tutup Tabung Tinta / Cover Atasnya
Ini bertujuan agar tinta yang sudah kita sedot tidak turun lagi. Karena cover tutup tabung tinta berfungsi juga sebagai kucian selang infus agar tinta tidak turun ketika catridge dilepas. Setelah itu lepas semua alat penyedotnya.

8. Refil Catridge Secara Manual
Setekah selesai menaikkan tinta infusnya sekarang kita resill catridge secara manual dengan menggunakan suntikan yang sudah terisi dengan tinta. Refilllah semua catridhe yang kehabisan tinta.

9. Bersihkan Chip / Konektor Catridgenya
Setelah refill manual selesai, selanjutnya bersihkan chip atau konektor catridge dengan tisu sebelum di pasang kedalam printer. Lakukan dengan pelan-pelan dan jangan kasar agar tidak merusak chip / konektornya.


10. Pasang Catridgenya
Pasang catridgnya dan tutup kepala rumah catridgenya.

11. Tutup / Pasang Tutup Tabung Tinta / Cover Atasnya Tabung


12.Lakukan Deep Cleaning 1x
Setelah selesai semua, lakukan deep cleaning melalui aplikasi bawaan driver printer dan tes hasilnya dengan cara nozzle check melalui aplikasi itu juga. (driver printer - properties / prefreferences)

DIBAWAH INI ADALAH TUTORIAL VERSI VIDEO CHANNEL YOUTUBE SAYA BIAR LEBIH JELAS. KLIK VIDEO DINAWAH INI.