7 Cara Merawat Printer Biar Awet Dan Printer Tidak Mudah Rusak

Cara Mudah Merawat Printer
cara merawat printer, merawat printer, tips merawat printer, cara merawat printer yang benar, cara merawat printer harian, cara memakai printer, merawat printer infus
Ilustrasi tips merawat printer 1
Saat ini printer merupakan kebutuhan utama perkantoran, sekolah, pelajar juga mahasiswa untuk menunjang pekerjaannya dan tugas lainnya.Selain itu printer juga digunakan sebagai usaha bagi pelaku bisnis digital printing. Ketika kita memiliki peinter atau sebagai pemakai printer dan tidak tau cara merawatnya maka yang akan terjadi adalah kita akan sering mengeluarkan biaya guna ketempat service. Dengan tau dan faham cara merawat printer maka akan meminimalisir kerusakan dan printer akan lebih tambah awet.
Berikut Cara Merawat Printernya
Tips  cara merawat printer harian supaya printer lebih awet dan tidak mudah trouble, kami sertakan tutorialnya dalam bentuk video dari channel youtube saya diakhie artikel website saya ini ini agar lebih jelas.

merawat printer laserjet, merawat printer yang benar, merawat printer canon mp237, merawat printer inkjet
Ilustrasi tips merawat printer 2
1. Sering Dipakai.
Usahakan printer sering dipakai untuk menghindari kebuntuan pada head print / head catridge, idealnya paling tidak minimal 3 hari sekali printer digunakan, bisa anda hanya sekedar print noozle check atau print sesuatu yang mewakili 4 warna tinta. Tujuaannya adalah ketika printer kita sering dipakai maka akan selalu terjadi pergantian tinta yang ada di head print atau tinta yang berada di lubang lubang nozzle. Kalau printer kita jarang dipakai sampai berminggu minggu atau berbulan bulan maka tidak ada pergantian cairan tinta yang ada di head print yang kemudian akan mengerak / mengering dan menjadi penyebab kebuntuan pada head print atau head catridge.

merawat printer yang jarang dipakai, merawat printer canon ip2770, merawat printer epson l3110
Ilustrasi tips merawat printer 3
2. Head Cleaning Jika Hasil Print Putus.
Jika hasil print kita tidak normal atau bergaris maka pertolongan dasarnya adalah dengan melakukan head cleaning. Head cleaning adalah proses dimana catridge / head print disedot oleh sistem vacum printer untuk mengeluarkan tintanya guna perbaikan ketika hasil printnya putus putus. Head cleaning atau Deep cleaning yang saya maksud adalah melalui driver aplikasi atau software bawaan printernya. Ketika driver printer sudah terinstal maka didalamnya ada fitur "printing preferences" lalu di tab menu maintenance / pemeliharaan. Di tab menu maintenance ada berbagai fitur yang dibutuhkan. Cara head cleaning yang benar adalah setelah proses head clean selesai maka biarkan dulu 5 menit keatas agar tinta turun kelubang nozlle head dengan sempurna, ini berlaku untuk printer epson dan brother. Sedang untuk printer canon dan hp bisa langsung nozzle check.

merawat printer tinta art paper, cara merawat printer, cara merawat printer agar awet, cara merawat printer epson l120
Ilustrasi tips merawat printer 4
3. Cek Kondisi Tinta.
Sebelum memakai printer biasakan selalu cek kondisi tinta, kalau sudah mau habis segera diisi kembali. Kalau kita terlambat mengisi maka kita nantinya akan butuh waktu untuk menormalkan / head cleaning hasil printnya yang tentu putus-putus karena kehabisan tinta. Sehingga pekerjaan kita akan tertunda untuk proses penormalan tersebut.

cara merawat printer canon ip2770, cara merawat printer yang jarang dipakai, cara merawat printer canon mp287, cara merawat printer infus
Ilustrasi tips merawat printer 5
4. Pakai Tinta Berkualitas.
Saat ini setiap merk printer baik canon epson hp brother dll mengeluarkan tinta original mereka. Kalau head printer kita mau awet maka gunakan tinta orinya. Tapi ketika printer kita dipakai untuk usaha jika dengan memakai tinta oribiaya operasionalnya akan tinggi karena harganya cukup tinggi dan labanya pun akan sedikit. Solusinya adalah memakai tinta non ori atau pabrikan umum. Banyak saat ini merk tinta pabrikan yang kualitasnya tidak kalah dengan orinya. Untuk mengetahui merk tinta apa yang bagus anda bisa konsultasikan ke teknisi langganan anda atau keteman anda yang aktif didunia digital printing.

cara merawat printer canon ip2770, cara merawat printer yang jarang dipakai, cara merawat printer canon mp287, cara merawat printer infus
Ilustrasi tips merawat printer 6
5. Matikan Kalau Tidak Dipakai.
Sebenarnya printer lebih bagus kalau dihidupkan terus, tapi karena voltase listrik di indonesia tidak stabil alias sering turun naik dan mati mendadak maka dengan mematikan printer yang tidak dipakai menjadi penting, karena Sering terjadi printer mengalami mati total akibal listrik naik turun.

cara merawat printer hp 2135, cara merawat printer epson l310,cara merawat printer bluetooth
Ilustrasi tips merawat printer 7
6. Jaga Kebersihannya.
Debu menjadi sumber utama kebuntuan printer yang susah ditangani ketika masuk kehead print. Memang di catridge sudah ada filternya, tapi masih bisa dan sering terjadi masuk kedalam head karena ada ukuran debunya yang sangat kecil. Untuk itu cek ditabung tinta printer apakah kotor dengan debu atau tidak. Kalau kotor segera dibersihkan agar ketika kita mengisi ulang tinta tidak ikut masuk bersama tintanya debu debu tersebut.

cara merawat printer, merawat printer, tips merawat printer, cara merawat printer yang benar, cara merawat printer harian, cara memakai printer, merawat printer infus, merawat printer laserjet, merawat printer yang benar, merawat printer canon mp237, merawat printer inkjet, merawat printer yang jarang dipakai, merawat printer canon ip2770, merawat printer epson l3110, merawat printer tinta art paper, cara merawat printer, cara merawat printer agar awet, cara merawat printer epson l120, cara merawat printer canon ip2770, cara merawat printer yang jarang dipakai, cara merawat printer canon mp287, cara merawat printer infus, cara merawat printer hp 2135, cara merawat printer epson l310,cara merawat printer bluetooth
Ilustrasi tips merawat printer 8
7. Jangan Menarik Paksa.
Saat kita melakukan proses print dan terjadi paperjam / kertas nyangkut jangan menarik paksa / menarik kasar kertas yang nyangkut tersebut. Matikan dulu printernya dan cabut kabel listriknya baru tarik pelan pelan kearah bawah atau kearah kertas keluar untuk lebih amannya. kalau ditarik kebawah tidak bisa boleh tarik kaeatas tapi dengan pelan pelan sekali.

Naah seperti itu tips dan cara merawat printer dengan benar. Semoga bermanfaat. Tonton Video saya dibawah ini tips merawat printer.




merawat printer
merawat printer infus
merawat printer laserjet
merawat printer yang benar
merawat printer canon mp237
merawat printer inkjet
merawat printer yang jarang dipakai
merawat printer canon ip2770
merawat printer epson l3110
merawat printer tinta art paper
cara merawat printer
cara merawat printer agar awet
cara merawat printer epson l120
cara merawat printer canon ip2770
cara merawat printer yang jarang dipakai
cara merawat printer canon mp287
cara merawat printer infus
cara merawat printer hp 2135
cara merawat printer epson l310
cara merawat printer bluetooth
Pakdhe Bengal
Pakdhe Bengal Menggeluti dunia teknisi printer / servis printer sejak tahun 2003 sampai sekarang

Post a Comment for "7 Cara Merawat Printer Biar Awet Dan Printer Tidak Mudah Rusak"

tutorial,printer,3d printer,minecraft printer tutorial,tutorial printer,tutorial 3d printer,3d printer tutorial,tutorial printer canon pemula,tutorial print dari hp,minecraft printer,tutorial print dokumen,minecraft printer tutorial xbox,tutorial pemula cara menggunakan printer epson,all in one printer,epson printer,canon printer,3d print,best 3d printer,new printer installation,3d printers,3d printed,print dari hp ke printer,printer,3d printer,best printer,3d print,3d printed,best printer for home use,epson printer,printer problems,all in one printer,test print,3d printer projects,hp printer,printer 3d,printer hp,printers,how printer,printer 2023,printer wifi,mini printer,printer foto,printer scan,laser printer,printer works,printer set up,printer error,fdm 3d printer,printer murah,printer canon,printer epson,inkjet printer,printer issues