10 Macam Masalah Printer Umum yang Dapat Anda Perbaiki Sendiri

Permasalahan Pada Printer Yang Bisa Anda Tangani Sendiri

cara memperbaiki printer, permasalahan printer, cara menangani printer, kerusakan pada printer, penyebab printer macet, penyebab printer error, penyebab printer kedip kedip, printer tidak terdeteksi, permasalahan printer epson l3110, permasalahan printer canon ip2770, permasalahan printer epson l120, permasalahan printer canon mp287, permasalahan printer epson l360, permasalahan printer brother, permasalahan printer epson l210, permasalahan printer tidak terdeteksi, permasalahan printer mp237, kerusakan pada printer epson, kerusakan pada printer canon ip2770, kerusakan pada printer epson l120, kerusakan pada printer dan solusinya, kerusakan pada printer epson l360, kerusakan pada printer laserjet, kerusakan pada printer canon, kerusakan pada printer epson l3110, kerusakan pada printer canon mp287
Permasalahan Pada Printer
Ketika printer kantor tidak melakukan satu pekerjaan, mudah untuk merasa frustrasi. Dan jika perangkat yang rusak itu adalah printer multifungsi (MFP) yang juga berfungsi sebagai pemindai dan mesin fotokopi Anda, Anda akan kehilangan waktu bisnis yang berharga dan produktivitas akan terganggu. Itu cukup membuat Anda ingin mengangkat tangan menyerah (atau melemparkan printer Anda ke dinding). Namun, banyak masalah dapat diselesaikan dengan sedikit pengetahuan tentang printer DIY.

Untuk membantu Anda kembali aktif dan berjalan dengan waktu henti sesedikit mungkin, kami menyusun daftar 10 masalah umum printer berikut dan cara memperbaikinya. Selain itu kami juga menyediakan link-download driver printer juga daftar alamat teknisi printer se indonesia.

Printer Tidak Responsif

Sebelum kita terlalu mendalami masalah dan solusi printer umum tertentu, pertimbangkan praktik terbaik yang diikuti oleh teknisi Managed Print kami terlebih dahulu. Selalu pastikan dasar-dasarnya telah diperiksa sebelum mencoba memecahkan masalah umum dengan printer:
  1. Apakah printernya hidup?
  2. Ada kertasnya?
  3. Apakah semua kabel yang diperlukan terhubung?
  4. Apakah semua koneksi nirkabel berfungsi dengan baik?
  5. Sudahkah Anda memeriksa kartrid tinta atau toner printer?
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat menjelajahi lebih jauh dengan beberapa solusi berikut.

1. Printer Tidak Mau Mencetak
Apakah Anda mendapatkan pesan kesalahan pada panel kontrol atau hanya merasa pekerjaan cetak Anda macet di suatu tempat di dunia maya? Meskipun solusi termudah adalah dengan menekan tombol daya dan memulai ulang printer Anda, penting untuk memeriksa ulang apakah Anda telah memilih pengaturan cetak yang benar—sebaiknya sebelum Anda mengirim selusin salinan dokumen Anda ke perangkat lain yang terletak di ruangan sebelah.

Jika driver printer Anda memiliki komunikasi dua arah, Anda mungkin diperingatkan tentang masalah bahkan sebelum Anda pergi ke printer hanya untuk tidak menemukan apa pun yang menunggu Anda di baki cetak. Untungnya, peringatan ini sering memberi tahu Anda apa masalahnya dan akan merekomendasikan taktik pemecahan masalah. Jika semuanya gagal, matikan printer Anda, tunggu beberapa menit, lalu hidupkan ulang printer dan aplikasi perangkat lunak Anda.

2. Kualitas Cetak Buruk
Ini mungkin tampak tidak penting, tetapi kertas yang Anda cetak dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas cetak akhir Anda. Umumnya, kertas foto yang dijual oleh produsen printer Anda akan memiliki lebih sedikit masalah daripada kertas printer generik. Tapi apa yang lebih penting? Sesuaikan pengaturan printer dengan apa yang Anda cetak.

Ini berarti lebih dari sekadar memastikan jenis kertas yang benar dipilih; itu juga berarti memilih pengaturan kualitas cetak yang sesuai untuk halaman cetak Anda. Apakah Anda ingin mencetak foto untuk presentasi atau hanya salinan email yang akan Anda simpan? Jika Anda mencetak foto berkualitas tinggi pada kertas glossy, pengaturan kualitas draft dan kertas biasa tidak akan cukup. Selain itu, mencampur merek dan jenis kertas dalam satu baki printer dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

4. Ketidakpastian Tentang Keamanan Printer
Sebagian besar produsen printer dilengkapi dengan fitur keamanan yang sudah diinstal untuk melindungi dari akses yang tidak sah. Namun, jika tindakan tertentu tidak diambil, peretas dapat menggunakan printer Anda sebagai pintu belakang untuk menembus jaringan Anda. Langkah terbesar yang dapat Anda ambil untuk mencegah hal ini termasuk mengubah kata sandi default pada printer Anda dan memastikan pembaruan keamanan terbaru telah diinstal.

Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, minta manajer TI atau penyedia Managed Print Service (MPS) Anda untuk mengonfigurasi pengaturan keamanan Anda. Mereka akan memastikan Anda memiliki kotak kunci digital dan telah memperbarui pengaturan keamanan. Mereka bahkan dapat mengatur mode pencetakan rahasia untuk melindungi dari potensi ancaman internal.

5. Printer Saya Tidak Dapat Memindai Lagi
Ketika MFP tidak lagi memindai, perangkat lunak pemindai yang rusak sering kali berperan sebagai penjahat. Untuk mendapatkan pemindaian printer Anda lagi, instal ulang paket perangkat lunak pencetakan. Jika itu tidak berhasil, baca bagian pemecahan masalah manual pengguna, atau lihat online di situs web produsen untuk menemukan model printer spesifik Anda. Mungkin ada masalah perangkat keras yang perlu diperbaiki atau diganti.

6. Terlalu Banyak Kertas Macet
Meskipun penyebab kemacetan kertas yang jelas mungkin adalah benda asing yang terlepas di dalam printer, ada beberapa penyebab yang kurang diketahui, termasuk baki kertas yang terlalu penuh atau kertas yang dimasukkan dengan tidak benar. Cobalah mengipasi tumpukan kertas untuk mengurangi statis dan debu, dan masukkan kembali kertas sambil menjaganya tetap rata dengan pemandu. Saat menggunakan kertas yang lebih tebal, seringkali lebih baik memasukkan setiap lembar secara manual ke dalam printer melalui baki bypass.

7. Mencetak Terlalu Lambat
Meskipun printer inkjet bisa sangat lambat dengan waktu pengeringan tinta, printer laser juga bisa mengalami masalah. Sama seperti pencetakan dalam kualitas draf untuk foto detail dapat mengakibatkan masalah kualitas cetak, demikian juga pencetakan dalam kualitas presentasi untuk dokumen teks hitam putih sederhana.

Semakin rendah standar kualitas cetak, semakin cepat akan mencetak. Pertimbangkan juga apakah pekerjaan cetak Anda mencetak dalam mode dupleks (menggunakan kedua sisi kertas). Dalam hal ini, printer harus meluangkan waktu untuk membalik setiap lembar kertas. Jika tujuan Anda adalah kecepatan, semakin sederhana pengaturan printer, semakin baik.

8. Mencetak Terlalu Mahal
Sebelum Anda membayar satu set kartrid toner, pertimbangkan hal berikut:
  1. Dapatkah sebagian besar dokumen Anda dicetak dalam kualitas draf?
  2. Apakah Anda memerlukan setiap halaman dokumen, atau mungkin hanya beberapa?
  3. Apakah pencetakan dupleks atau dua sisi merupakan pilihan?
  4. Apakah kartrid tinta Anda benar-benar dibuat untuk perangkat Anda dan apakah kartrid tersebut dibeli dari vendor yang memiliki reputasi baik?
Jika Anda membeli tinta pihak ketiga dengan harga lebih rendah, nozel cetak yang tersumbat dan kualitas tinta di bawah standar adalah dua keluhan umum dan pasti mengakibatkan pesanan tinta yang lebih sering. Memastikan semua karyawan mematuhi standar pencetakan umum juga dapat menghemat uang. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk beralih ke sistem manajemen konten elektronik (ECM) tanpa kertas yang dapat menyimpan dan merutekan dokumen melalui cloud, membantu perusahaan Anda memajukan inisiatif hijaunya.

9. Saya Tidak Dapat Mencetak dari Perangkat Seluler Saya
Hampir setiap perusahaan printer besar telah merilis aplikasi yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat seluler dengan printer untuk mencetak secara nirkabel. Printer nirkabel Anda bahkan tidak memerlukan konektivitas Wi-Fi, hanya memerlukan titik akses nirkabel yang memungkinkan Anda untuk menginstal perangkat lunak yang diperlukan.

Jika Anda mengalami masalah saat mencetak dari ponsel cerdas atau perangkat seluler lainnya, periksa pembaruan aplikasi dan perangkat lunak apa pun dan pastikan semuanya kompatibel dengan perangkat cetak Anda.

10. Pencetakan Wi-Fi Terlalu Lama
Jika kecepatan printer Anda baik-baik saja saat terhubung melalui USB tetapi pencetakan nirkabel sangat lambat, kemungkinan besar printer Anda adalah pengamat yang tidak bersalah; begitulah cara data cetak ditransfer itulah pihak yang bersalah. Coba dekatkan router dan printer.

Jika memindahkan printer Anda lebih dekat ke router tidak memungkinkan, pastikan router Anda dilengkapi dengan baik untuk pencetakan Wi-Fi dengan dukungan 802.11n, firmware terbaru, dan menawarkan pita 5GHz dan memiliki 2,4GHz. Beralih ke koneksi kabel, lalu kembali ke nirkabel, terkadang dapat berfungsi dengan baik. 
 
Pada akhirnya, jika tidak ada teknik ini yang berfungsi atau printer Anda jauh melampaui masa pakai yang diharapkan, pertimbangkan untuk mendapatkan kontrak servis dengan pengganti Anda berikutnya. Mengetahui cara memperbaiki masalah printer terkadang memerlukan mengetahui siapa yang harus dihubungi. Memanggil ahli yang sudah terbiasa dengan mesin Anda akan menghemat waktu dan frustrasi Anda dalam jangka panjang. Jika salah satu masalah printer umum ini terus berlanjut, mungkin sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan pakarnya atau teknisi printer terdekat dikota anda.
Pakdhe Bengal
Pakdhe Bengal Menggeluti dunia teknisi printer / servis printer sejak tahun 2003 sampai sekarang

Post a Comment for "10 Macam Masalah Printer Umum yang Dapat Anda Perbaiki Sendiri"

tutorial,printer,3d printer,minecraft printer tutorial,tutorial printer,tutorial 3d printer,3d printer tutorial,tutorial printer canon pemula,tutorial print dari hp,minecraft printer,tutorial print dokumen,minecraft printer tutorial xbox,tutorial pemula cara menggunakan printer epson,all in one printer,epson printer,canon printer,3d print,best 3d printer,new printer installation,3d printers,3d printed,print dari hp ke printer,printer,3d printer,best printer,3d print,3d printed,best printer for home use,epson printer,printer problems,all in one printer,test print,3d printer projects,hp printer,printer 3d,printer hp,printers,how printer,printer 2023,printer wifi,mini printer,printer foto,printer scan,laser printer,printer works,printer set up,printer error,fdm 3d printer,printer murah,printer canon,printer epson,inkjet printer,printer issues