Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penamaan Bagian Bagian Printer Dan Fungsinya

Penamaan Bagian Printer Dan Fungsinya
Kali ini saya akan membahas tentang penamaan dari komponen / bagian printer. Banyak sekali penamaan yang berbeda beda dikalangan teknisi dari bagian bagian printer. Penamaan yang kita tulis kali ini adalah penamaan pada umumnya beserta fungsinya. Semoga dengan artikel yang saya buat ini bisa membantu temen temen teknisi pemula yang masih kebingungan dengan nama nama bagian dari printer. Ok kita mulai bahas satu satu dengan bahasa sederhana.

1. ASF Roller
ASF (Automatic Sheet Feeder) adalah part / bagian printer yang berfungsi untuk menarik kertas pada printer agar dapat masuk dan tercetak secara sempurna. Satu block ASF roller biasanya terdiri dari roll penarik kertas, beberapa gear mekanik, tuas / sensor asf, Per ASF dan pangkon / dudukannya. Masing masing bagian memiliki fungsi membantu roller manarik kertas masuk ke dalam printer saat diperintah print.
 
2. Roller
Pada printer terdapat dua roll penarik kertas yaitu roll atas dan roll bawah. Roll Atas bertugas menarik kertas yang didorong oleh paper guide. Roll Bawah bertugas membantu dan mengontrol kertas yang ditarik roll atas masuk satu persatu.
 
3. Sistim Facum / Pompa Cleaning
Didalam sistim vacuum atau pompa cleaning ada 3 bagian, 
1. Selang, 
2. Roll selang
3. Cup pompa / vacuum. 
Ketika roll selang berputar cepat, maka selang sistim vacuum atau menyebut pompa akan menindih selang yang ada di dalam casing roll selang. Putaran yang kencang tersebut akan menimbulkan daya sedot yang kuat, sehingga tinta yang ngangin / turun di selang infus, head yang kotor atau buntu dan hasil printnya tidak normal akan bisa kembali normal dengan cara printer diperintah untuk head cleaning.
 
4. Sensor Encoder Bulat / Timing Disk / Encoder Disk
Fungsi sensor ini adalah sebagai timing / pengatur ritme / kecepatan pada saat printer menarik kertas/ roll penarik kertas dan gearnya. Sebagai contoh kerja dari timing disk ini adalah saat printer diperintah print dengan settingankualitas biasa dan hight quality. Maka akan kita lihat proses pergerakan dari timing disk akan berbeda sesuai dengan perinth. Juga saat proses menarik kertas dan head clean.
 
5. Sensor Encoder Panjang / Sensor Timing Line / Film Strip
Sensor ini berbentuk seperti pita transparant yang berbahan seperti plastik mika. Sensor encoder panjang ini ada juga yang menyebut sensor timing line / film strip dan encoder horizontal. Posisi sensor encoder ini biasanya aberada di belakang rumah cartridge / carriage unit head. Fungsi dari sensor encoder ini adalah sebagai code / berisi code pengatur yang dibaca oleh sensor optic / pembaca sensor encoder pada printer.  Selain itu juga mengatur kecepatan dan posisi print, mengatur jalannya cartridge unit saat bergerak kekanan dan kekiri dan menjaga kelurusan hasil dari print


6. Pembaca Sensor Encoder Bulat / Timing Disk
Fungsi dari pembaca sensor timing disk / Pembaca encoder bulat ini adalah untuk membaca / mendeteksi pergerakan dari sensor encoder bulat yang mengatur pergerakan kecepatan saat proses print, pergerakan gear dan roller juga carriage atau rumah cartridge / head.
 
7. Kabel Fleksibel / Cable Flexi
Fungsi kabel fleksibel / flexible adalah untuk pengiriman sinyal perintah data dari komputer dan board printer untuk mengeksekusi /menjalankan proses printing pada head print / catridge dan cartridge unit. 
 
8. Head Carriage Unit / Rumah Cartridge
Carriage Unit adalah tempat untuk mendudukkan cartridge / head print dalam printer
 
9. Head Print Dan Catridge
Pada printer canon dan hp antara head print dan catridge menjadi satu, Pada printer epson dan brother antara head print dan catridge terpisah.Fungsi head print maupun catridge adalah sebagai tempat menyimpan tinta sebelum tinta tersebut di semprotkan oleh nozzle print yang ada di headprint atas perintah dari komputer ke board yang dikirim melalui kabel flexibel. 
 
10. PE Sensor Kertas Dan Tuas Sensor Kertas
PE Sensor kertas berfungsi untuk mengatur dinamo pada mekanik penggerak kertas printer, selain itu berfungsi juga untuk membaca tuas sensor kertas yang ujungnya bersinggungan langsung dengan kertas bagian depan sampai belakang saat proses print.
 
11. Board Printer Mainboard Printer

12. Adaptor Power Supply Printer

13. Sensor PW
Berfungsi sebagai pendeteksi / membaca kertas bagian samping saat kertas masuk kedalam printer / saat proses print. Juga berfungsi sebahai pembaca mekanik dan sebagai sensor pergerakan head print, Sensore ini terletak di bawah head printer ( kususnya printer epson. 
 
14. Dinamo Atas Dan Bawah
15. Timing Belt
Catatan:
Ada beberapa bagian yang belum kami sampaikan, insyaa allah nanti kita lengkapi
 
 
 
 

Post a Comment for "Penamaan Bagian Bagian Printer Dan Fungsinya"