Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penamaan Komponen Catridge Toner Printer Laserjet Beserta Fungsinya

Kali ini saya akan berbagi tentang penamaan dari bagian bagian catridge toner printer laserjet. Semoga bermanfaat buat rekan rekan teknisi yang baru belajar dan temen temen pada umumnya. Ok Kita mulai.
Nama Dan Fungsi Komponen Catridge Toner Printer Laserjet:
1. Bubuk Toner
Toner adalah tinta kusus untuk printer laserjet yang berbentuk bubuk yang terbuat dari serbuk karbon dicampur dengan agen pembawa / carrier agent berupa serbuk besi / iron powder dengan bahan aditif stiren akrilat kopolimer, resin hidrokarbon sehingga kualitas cetak lebih bagus dan memiliki daya rekat yang kuat pada kertas.

2. OPC Drum: Organic Photo Conductor / Photoreceptor Drum
OPC Drum adalah komponen catridge toner yang berbentuk tabung silinder memanjang. Warna opc drum ini bermacam-macam seperti berwarna biru, hijau, biru kehijauan dll. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai media pembentuk dan penerima pola image elektrostatis yang di tembak / dikirim melalui penyinaran scanner unit sesuai data digital dari komputer. Jika opc drum rusak , tergores atau sudah tipis maka hasil yang dicetakpun tidak terang / tidak pekat bahkan hilang sebagian / bergaris / kotor.
 
3. Wiper Blade
Fungsi dari wiper blade ini adalah seperti wiper pada umumnya yaitu membersihkan. Wiper blade membersihkan OPC Drum dari sisa toner proses yang tidak menempel pada kertas sesuai dengan pola yang dikirim / ditembank oleh scanner unit, sehingga hasilnya lebih bersih dan tidak ada kotoran yang dapat menempel karena permukaan opc drum selalu bersih setelah selesai proses printing.
 
4. PCR ( Primary Charge Roller )
Berfungsi menetralkan permukaan dari OPC Drum yang bermuatan negatif karena efek penyinaran laser yang dikeluarkan scanner unit.Kalau PCR ini berkendala / rusak maka hasil cetaknya pun akan berbayang, hasil double bahkan ngeblok hitam.
 
5. Doctor Blades
Doctor blade bentuknya mirip dengan wiper blade tapi lebih kecil.
Doctor blade berfungsi sebagai pengontrol / pengatur keluarnya toner agar tetap stabil yang nantinya akan menempel di magnet roller sehingga toner melekat dipermukaan magnet lebih rata dan stabil ketebalannya. Dan jika doctor blade ini mengalami kerusakaan maka hasil printnya pun tidak akan rata / putus putus.

6. Magnetic Roller Slave
Roll gmgnet ini berbentuk selongsong besi dan didalamnya terdapat magent ( bulat panjang sesuai selongsingan), berfungsi mengambil toner yang bermuatan positif dari toner  hopper / tempat penampungan toner, selanjutnya dikirim ke permukaan OPC drum yang bermuatan negatif dan membentuk pola sesuai yang dikirim oleh scanner unit. Kalau magnet roll ini rusak / tidak normal maka hasil print tidak pekat, hasil print kotor di sekeliling kertas. Dan kalau memasang magnetnya terbalik bisa hasil printnya tidak keluar.
 
7. Chip Reseter Toner
Berfungsi sebagai sensor kapasitas volume dari toner, jika sensor mendeteksi level toner cartridge telah habis, maka akan muncul peringatan di komputer bahwa toner habis / mendekati hanis. Ada beberapa catridge kalau chipnya habis harus di ganti, kalau tidak diganti maka printer tidak bisa jalan. Tapi ada juga yang kalau tidak diganti tidak menimbulkan masalah / error
 
8. Toner Hopper
 Berfungsi sebagai tempat toner / tempat mengisi serbuk toner.
 
9. Waste Hopper
Befungsi sebagai tempat penampungan sisa toner ( toner sisa proses ) / residu. Dengan kata lain tempat pembuangan toner sisa proses.

Post a Comment for "Penamaan Komponen Catridge Toner Printer Laserjet Beserta Fungsinya"