Penamaan Komponen Catridge Toner Printer Laserjet Beserta Fungsinya | Nama Nama Sparepart Catridge Toner

Nama Nama Komponen Dalam Catridge Toner

nama komponen toner, penamaan part catridge toner, nama sparepart catridge toner, nama sparepart catridge toner, nama komponen sparepart catridge toner, sparepart catridge toner, nama komponen printer laser, nama nama komponen dalam catridge printer laser
Komponen Dalam Catridge Toner
Kali ini saya akan berbagi tentang penamaan dari bagian bagian catridge toner printer laserjet. Semoga bermanfaat buat rekan rekan teknisi yang baru belajar dan temen temen pada umumnya. Ok Kita mulai

Nama Dan Fungsi Komponen Catridge Toner Printer Laserjet:

1. Bubuk Toner 
Penamaan Komponen Catridge Toner, Adalah tinta kusus untuk printer laserjet yang berbentuk bubuk yang terbuat dari serbuk karbon dicampur dengan agen pembawa / carrier agent berupa serbuk besi / iron powder dengan bahan aditif stiren akrilat kopolimer, resin hidrokarbon sehingga kualitas cetak lebih bagus dan memiliki daya rekat yang kuat pada kertas.

2. OPC Drum: Organic Photo Conductor / Photoreceptor Drum 
Adalah komponen catridge toner yang berbentuk tabung silinder memanjang. Warna opc drum ini bermacam-macam seperti berwarna biru, hijau, biru kehijauan dll. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai media pembentuk dan penerima pola image elektrostatis yang di tembak / dikirim melalui penyinaran scanner unit sesuai data digital dari komputer. Jika opc drum rusak , tergores atau sudah tipis maka hasil yang dicetakpun tidak terang / tidak pekat bahkan hilang sebagian / bergaris / kotor.

3. Wiper Blade 
Fungsi dari wiper blade ini adalah seperti wiper pada umumnya yaitu membersihkan. Wiper blade membersihkan OPC Drum dari sisa toner proses yang tidak menempel pada kertas sesuai dengan pola yang dikirim / ditembank oleh scanner unit, sehingga hasilnya lebih bersih dan tidak ada kotoran yang dapat menempel karena permukaan opc drum selalu bersih setelah selesai proses printing.
 
4. PCR ( Primary Charge Roller )  

Berfungsi menetralkan permukaan dari OPC Drum yang bermuatan negatif karena efek penyinaran laser yang dikeluarkan scanner unit.Kalau PCR ini berkendala / rusak maka hasil cetaknya pun akan berbayang, hasil double bahkan ngeblok hitam.
 
5. Doctor Blades 
Bentuknya mirip dengan wiper blade tapi lebih kecil. Doctor blade berfungsi sebagai pengontrol / pengatur keluarnya toner agar tetap stabil yang nantinya akan menempel di magnet roller sehingga toner melekat dipermukaan magnet lebih rata dan stabil ketebalannya. Dan jika doctor blade ini mengalami kerusakaan maka hasil printnya pun tidak akan rata / putus putus.

6. Magnetic Roller Slave 
Berbentuk selongsong besi dan didalamnya terdapat magent ( bulat panjang sesuai selongsingan), berfungsi mengambil toner yang bermuatan positif dari toner  hopper / tempat penampungan toner, selanjutnya dikirim ke permukaan OPC drum yang bermuatan negatif dan membentuk pola sesuai yang dikirim oleh scanner unit. Kalau magnet roll ini rusak / tidak normal maka hasil print tidak pekat, hasil print kotor di sekeliling kertas. Dan kalau memasang magnetnya terbalik bisa hasil printnya tidak keluar.
 
7. Chip Reseter Toner 

Berfungsi sebagai sensor kapasitas volume dari toner, jika sensor mendeteksi level toner cartridge telah habis, maka akan muncul peringatan di komputer bahwa toner habis / mendekati hanis. Ada beberapa catridge kalau chipnya habis harus di ganti, kalau tidak diganti maka printer tidak bisa jalan. Tapi ada juga yang kalau tidak diganti tidak menimbulkan masalah / error 

8. Toner Hopper 

 Berfungsi sebagai tempat toner / tempat mengisi serbuk toner.

9. Waste Hopper 

Befungsi sebagai tempat penampungan sisa toner ( toner sisa proses ) / residu. Dengan kata lain tempat pembuangan toner sisa proses.

Itulah beberapa penamaan komponen dalam catridge toner, Semoga bermanfaat
Pakdhe Bengal
Pakdhe Bengal Menggeluti dunia teknisi printer / servis printer sejak tahun 2003 sampai sekarang

Post a Comment for "Penamaan Komponen Catridge Toner Printer Laserjet Beserta Fungsinya | Nama Nama Sparepart Catridge Toner"

tutorial,printer,3d printer,minecraft printer tutorial,tutorial printer,tutorial 3d printer,3d printer tutorial,tutorial printer canon pemula,tutorial print dari hp,minecraft printer,tutorial print dokumen,minecraft printer tutorial xbox,tutorial pemula cara menggunakan printer epson,all in one printer,epson printer,canon printer,3d print,best 3d printer,new printer installation,3d printers,3d printed,print dari hp ke printer,printer,3d printer,best printer,3d print,3d printed,best printer for home use,epson printer,printer problems,all in one printer,test print,3d printer projects,hp printer,printer 3d,printer hp,printers,how printer,printer 2023,printer wifi,mini printer,printer foto,printer scan,laser printer,printer works,printer set up,printer error,fdm 3d printer,printer murah,printer canon,printer epson,inkjet printer,printer issues