4 Tips Cara Merawat Printer Yang Baik Dan Benar Agar Awet dan Tahan Lama. Sangat Penting Buat Pemilik Printer

Melalui website saya ini saya akan membagikan bagaimana cara merawat printer yang baik dan benar, Walaupun konten video yang membahas masalah ini sudah ada di beberapa video channel youtube saya " Channel: Tutorial Printer Pakdhe Bengal". Tapi disini saya akan merangkumnya dalam bentuk tulisan / artikel di website.

Sebagai pemilik printer kita harus bisa merawat printer kita supaya awet dan tidak mudah error / rewel / rusak / macet. Paling tidak saat kita membutuhkan printer kita untuk mencetak sesuatu, printer kita siap untuk diperintah print dan tidak bermasalah. Berikut ini cara merawat printer supaya tetap awet versi " pakdhe bengal ":

1. Printer Usahakan Sering Dipakai
Usahakan printer sering sering dipakai agar tinta yang ada di head print / lobang nozzle tidak mengering. Kalau printer kita jarang dipakai maka beresiko, tinta yang ada di head printer / lobang nozzle akan mengering yang mengakibatkan kebuntuan pada headnya sehingga ketika dibuat ngeprint tidak keluar, atau hasilnya bergaris / tidak normal. Kalau saya menyarankan pakailah tiap hari walau itu cuma print beberapa lembar / test print. Atau dihidupkan dan setelah proses kalibrasi selesai dimatikan lagi. Jadi cairan yang ada di lobang head selalu ganti dengan yang baru. Tidak sampai mengendap / mengering. 

2. Jaga Kebersihan Printer.
Banyak para pemilik printer yang lalai dalam hal ini. Printer mereka penuh dengan debu yang berakibat jangka panjang kurang baik untuk printer itu sendiri. Bagian yang paling penting untuk selalu bersih adalah di tabung infusnya. Sering saya jumpai printer yang dibagian lubang tabung infusnya penuh dengan debu. Sehingga saat diisi / derefill debunya ikuta masuk kedalam tinta. Naah itu yang nanti akan menjadi biang kerok kebuntuan. Kalau temen-temen tlaten lebih baik printernya ditutup sesuatu (kain misalnya)

3. Matikan Printer Saat Tidak Dipakai
Printer memang labih baik dihidupkan terus, tapi karena voltase listrik yang sering naik turun maka saya sarankan sebaiknya kalau printer tidak dipakai dimatikan saja. Hal ini untuk menghindari printer (sering terjadi) mati total yang disebabkan oleh listrik yang naik turun. matikan dengan menekan tombol power / on off. Karena mematikan printer dgn menekan tombol power / tombol on off, maka secara otomatis printer melakukan pembersihan permukaan head head cleaning sebelum perangkat ini off / saat dihidupkan.

4. Gunakan Tinta Yang Berkwalitas.
Sekarang sudah ada tinta ori buatan dari masing masing merk printer. Kalau temen temen mau awet headnya ( tidak menjadi penyebab kebuntuan ) tentu saja kita harus memakai tinta orinya. Tapi kadang kita merasa harga tinta ori itu tinggi, bahkan buat temen temen digital printing kurang untung ketika menggunakan tinta ori (laba). Maka solusinya memakai tinta pabrikan. Nah untuk mengetahui merk tinta apa yang bagus temen temen bisa bertanya kepada temen temen digital printing, biasanya mereka lebih berpengalaman. Kalau saya pribadi merekomendasikan merk: alfa ink, fist ink, solnce, bulk ink dan beberapa merk lagi yang saya lupa namanya.

Itulah 4 tips singkat bagaimana merawat printer supaya tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Berikut Dibawah  Ini Video Tip Merawat Printer Yang Pernah Saya Buat Di Channel Youtube Saya " Tutorial Printer Pakdhe Bengal "  Silahkan Ditonton.
 
10 TIPS CARA MERAWAT PRINTER YANG BAIK DAN BENAR
 
TIPS ATAU CARA MERAWAT PRINTER HARIAN
 
JANGAN MEMBAWA PRINTER SEPERTI INI